Jakarta, Ada berbagai macam jenis jamur, mulai dari yang bisa dikonsumsi sampe yang memabukan bila dikonsumsi. Jamur mengandung beberapa protein dan sumber antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel. Bagaimana membedakannya?

Banyak penelitian yang telah mendukung penggunaan jamur terkait sifat pengobatannya seperti sifat anti-radang, antibakteri, antivirus dan meningkatkan kekebalan.

Di samping manfaat kesehatnnya, risiko dari mengkonsumsi jamur juga tetap ada. Tidak semua jamur diciptakan sama. Empat jenis jamur yang sangat baik untuk kesehatan dan lezat sebagai hidangan antara lain:

1. Shiitake
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jamur beraroma ini memiliki sifat anti-tumor, penurun kolesterol, dan antivirus. Shiitake segar dan kering lebih baik.

2. Enoki
Jamur yang ramping, ringan, dan beraroma ini memiliki efek anti-kanker dan meningkatkan kekebalan.

3. Maitake
Juga dikenal sebagai ayam hutan. Jamur ini nampaknya memiliki sifat anti-kanker, antivirus, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Juga dapat mengurangi tekanan dan gula darah.

4. Tiram
Lebih murah mahal dan kurang beraroma dibandingkan shiitake, jamur ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap kanker.

"Jamur kancing memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi tidak seperti manfaat kesehatan seperti yang ditemukan pada jamur Asia," kata Andrew Weil, MD, pendiri dan direktur Arizona Center for Integrative Medicine di University of Arizona Health Sciences Center yang suka berburu jamur karena rasa dan manfaat kesehatannya, Senin (24/10/2011).

Weil mengatakan bahwa jamur kancing mengandung zat alami yang disebut agaritines yang menurut penelitian dapat meningkatkan risiko tumor pada hewan. Beberapa jenis jamur berpotensi mengandung sejumlah kecil karsinogen atau zat penyebab kanker.

Sebagai contoh, acrylamides, jamur yang terbentuk ketika makanan tertentu dimasak pada suhu tinggi dapat menyebabkan tumor pada tikus. Jamur ini juga ditemukan pada kentang goreng.

"Banyak orang mengatakan bahwa tak apa-apa makan jamur kancing dalam jumlah sedang. Tapi harus dimasak sampai matang. Dikukus atau dipanggang adalah yang terbaik. Proses memasak akan merusak racun alami. Sebaiknya jangan memakan jamur mentah-mentah, baik yang liar atau dibudidayakan," kata Weil.

"Jamur menawarkan begitu banyak hal yang baik bagi tubuh. Jamur adalah sumber protein yang baik serta menghasilkan sejumlah besar antioksidan seperti selenium yang membantu mencegah kerusakan sel. Jamur juga mengandung tembaga, mineral yang membantu produksi sel darah merah," kata Marjorie Nolan, MS, RD, ahli gizi di New York dan juru bicara American Dietetic Association.

Nolan menyarankan kepada orang yang tidak suka pisang untuk mencoba jamur Portobello. Jamur jenis ini memiliki kalori lebih banyak dan kalium lebih sedikit dari pisang.

Jamur Criminis sangat tinggi kandungan vitamin B12-nya, vitamin yang sering ditemukan pada produk hewani. Secara umum, jamur merupakan sumber vitamin B yang baik, bebas kolesterol dan sangat rendah lemak.

Dinding sel jamur cukup keras, sehingga sulit bagi sistem pencernaan untuk memperoleh semua nutrisi di dalamnya. Jamur seringkali juga mengandung senyawa kimia yang mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Pemasakan yang cukup akan menghancurkan dinding sel yang keras, menonaktifkan unsur anti pencernaan, menghancurkan racun, juga membuat rasanya jauh lebih enak.

Beda Jamur di Toko, Petani dan Alam Liar

Kandungan nutrisi jamur dapat sangat bervariasi tergantung tempat tumbuhnya. Jamur yang dijual di supermarket mungkin bersumber dari berbagai penjual, sehingga jamur yang tersedia minggu ini mungkin berasal dari daerah yang berbeda dari yang dijual minggu lalu.

Sebaiknya berbelanjalah langsung dari para petani yang sama. Dengan begitu, pembeli akan tahu bahwa jamur yang dikonsumsi berasal dari tanah yang sama. Beberapa orang bahkan lebih suka untuk menemukan jamur mereka sendiri di alam.

"Pencari jamur pasti lebih populer hari ini," kata 'Wildman' Steve Brill, pemimpin kelompok pengumpul jamur di Negara Bagian New York selama hampir 30 tahun.

Mencari jamur bukannya tanpa risiko. Tentu saja ada jenis jamur yang beracun, bahkan mematikan. The North American Mycological Association yang telah melakukan pelacakan keracunan jamur selama lebih dari 30 tahun menerima rata-rata satu laporan kematian akibat jamur setiap tahunnya. Namun pada tahun 2009, ada empat orang yang meninggal setelah makan jamur mengandung racun yang disebut amatoxin.

Brill mengatakan bahwa menyentuh jamur beracun tidaklah berbahaya. Tetapi ia sangat menyarankan agar hanya memakan jamur yang dapat diidentifikasi dengan pasti 100% dan tidak boleh dimakan mentah.

"Ketika saya mencoba jamur spesies baru untuk pertama kalinya, saya biasanya menumisnya dalam minyak zaitun atau minyak biji anggur untuk memperkuat rasa dan tekstur. Banyak jamur berdaging tebal yang dapat dipanggang di atas arang dan dipoles dengan saus rendah lemak. Selain dipanggang, direbus dalam kaldu, dan digoreng bersama sayuran adalah cara yang bagus untuk menyajikan hidangan jamur yang lezat," kata Will.

Jamur Ajaib

Ada juga jamur yang dimakan bukan untuk kandungan gizinya tetapi karena kandungan bahan kimianya. Jamur ini disebut jamur ajaib, jamur yang mengandung zat halusinogen yang disebut psilocybin.

Dalam satu kajian yang dipublikasikan dalam Journal of Psychopharmacology, para peneliti di Johns Hopkins melaporkan bahwa dosis tunggal psilocybin dapat menyebabkan peningkatan sifat keterbukaan, yaitu karakteristik kepribadian yang berkaitan dengan imajinasi, kreativitas, perasaan, dan ide-ide abstrak.

Para penulis penelitian kemudian berpendapat bahwa psilocybin mungkin bermanfaat mengobati depresi dan kecemasan, tetapi akan memakan lebih banyak riset untuk mempelajari cara kerjanya.

Meskipun demikian, psilocybin sebenarnya adalah ilegal. Drug Enforcement Administration (DEA) di AS mengklasifikasikannya sebagai zat yang berpotensi tinggi disalahgunakan dan tidak diperbolehkan untuk penggunaan medis.

Sumber: http://massaidi.blogspot.com/2011/10/manfaat-jamur-untuk-keperluan-medis.html



Leave a Reply.

    KD

    Kampoeng Djamoer

    Choose your FLAVOR, contact us. While others are still preparing, you have felt the GREAT SENSATION! 
    Deliver to all over Indonesia!

    Picture
    Owner bersama Bpk. Anggito Abimanyu
    free counters

    Arsip

    May 2012
    January 2012
    December 2011
    November 2011

    Kategori

    All
    Artikel Jamur
    Berita Jamur
    Bisnis Jamur
    Budidaya Jamur
    Jamur Kuping
    Jamur Lingzhi
    Jamur Merang
    Jamur Shiitake
    Jamur Tiram
    Kumbung Jamur
    Lomba Kd
    Resep Jamur

    E-book GRATIS!

    DILARANG KERAS untuk memperjualbelikan e-book ini!!
    Pemeliharaan Baglog
    File Size: 1668 kb
    File Type: pdf
    Download File

    Pembiayaan Jamur
    File Size: 118 kb
    File Type: xls
    Download File

    Olahan Jamur Tiram
    File Size: 1610 kb
    File Type: pdf
    Download File

    Contoh Slide Presentasi Proposal Investasi Budidaya Jamur
    File Size: 2111 kb
    File Type: pptx
    Download File

    Contoh Formulir Pendaftaran Anggota Kemitraan Bagi Hasil
    File Size: 238 kb
    File Type: docx
    Download File

    Contoh 1 Surat Perjanjian Bagi Hasil Budidaya Jamur
    File Size: 15 kb
    File Type: docx
    Download File

    Contoh 2 Surat Perjanjian Bagi Hasil Budidaya Jamur
    File Size: 62 kb
    File Type: doc
    Download File

    Partner

    AGEN KAMI

    PONTIANAK
    0878 193 202 69 (Indra)

    JOGJA
    0813 9180 3748 (Dian)

    TANGERANG SELATAN
    081319580768 (Yudha)

    BENGKULU
    085643915947 (Sendy)

    CIAMIS
    085223033299 (Yuyun)

    *untuk pendaftaran agen-agen baru dapat mendaftar di 081228945753. MENJADI AGEN TANPA MODAL !!

    Picture
    Mesin Spinner Kripik Jamur Harga Rp 2.300.000,-
    AUTOCLAVE BIBIT STANDAR KAPASITAS 25 BOTOL.
    Harga Rp 2.000.000,-
    Autoclave Bibit ukuran diameter 35cm, tinggi 50cm. Kapasitas 45 botol.
    Harga Rp 2.800.000,-
    Autoclave Bibit ukuran diameter 50cm, tinggi 60cm. Kapasitas 120 botol.
    Harga Rp 4.150.000,-
    Autoclave Bibit ukuran diameter 35cm, tinggi 70cm. Kapasitas 62 botol.
    Harga Rp 3.300.000,-
    Mesin Press Baglog Manual.
    Harga Rp. 950.000,-
    Mesin Press Baglog Otomatis.
    Harga: Rp 4.500.000,-
    Boiler Uap.
    Harga Rp 6.100.000,-
    Autoclave Baglog. Kapasitas 1000 baglog. Stainless steel 2mm, diameter 120cm, panjang 285cm.
    Harga Rp 15.100.000,-